Tips dan Strategi Membangun Usaha Jasa Jahitan Sukses


Tips dan Strategi Membangun Usaha Jasa Jahitan Sukses

Tips dan Strategi Membangun Usaha Jasa Jahitan Sukses - Saat ini, beragam model dan merk pakaian dapat dengan mudah di temukan di Departement store maupun butik-butik. Namun tetap saja banyak konsumen yng membutuhkan pakaian secara tailor made. Mereka merupakan tipe-tipe yang tidak menyukai model-model umum ataupun tipe orang yang memiliki bentuk dan ukuran tidak standart, karena pakaian yang diproduksi secara masal umumnya menggunakan ukuran standart. Mereka menyukai menggunakan jasa-jasa penjahit agar pakaian yang dikenakan terasa enak dan cocok dengan bentuk badan mereka.

Tidak hanya ukuran dan model, corak pakaian pun mereka menyukai corak yang berbeda sehingga tidak ada yang menyamai. “terbayangkan jika seorang wanita cantik saat menghadiri sebuah pesta mengenakan busana yang ternyata sama dengan wanita liainya”. Kualitas Jahitan pun menjadi pertimbangan mereka menggunakan jasa tailor / penjahit. Mereka berasumsi pakaian yang di buat secara tailor made memiliki Jahitan dan model yang lebih baik dari pada buatan pabrik, walaupun harga yang harus mereka tebus, jauh lebih tinggi dari harga-harga yang ada di pasaran.
Belum lagi jika masyarakat yang memiliki kebutuhan untuk penyelenggaraan pesta atau pun acara, kebanyakan mereka akan memilih jasa penjahit untuk memenuhi kebutuhan mereka. Baju untuk panitia perkawinan, mempelai dan keluarga mempelai, akan terlihat apik dan menerik jika dipesan secara khusus.
Gambaran betapa Usaha jasa Jahitan / tailor masih memiliki konsumen yang dapat di pertimbangkan sebagai salah satu pilihan membuat Usaha baru.

DASAR MEMULAI USAHA JASA JAHITAN / TAILOR
Beberapa dasar utama dalam membuka Usaha jasa Jahitan / tailor antara lain :
1. Keahlian menjahit.
Keahlian menjahit ini bisa di dapatkan dari orang lain maupun pengUsaha itu sendiri. Utuk Usaha kecil sebaiknya memulai dari dirinya sendiri, asah keterampilan mejahit untuk mendapatkan hasil Jahitan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
2. Persiapkan alat-alat menjahit sesuai dengan tipe dan jenis Jahitan.
Tailor untuk celana jinn tentu berbeda dengan tailor khusus kebaya. Namun jika tailor yang di buat merupakan jasa Jahitan umum, selayaknya semua alat yang di butuhkan tersedia, toh untuk harga dari masing-masing alat masih cukup terjangkau untuk sekala Usaha kecil.
3. Tetapkan lokasi Usaha.
Penetapan lokasi Usaha khususnya Usaha ini dapat memilih lokasi di rumah sendiri, Usaha basis keterampilan dapat menempati lokasi mana saja karena umumnya konsumen yang mencari. Namun untuk efektifitas Usaha akan lebih baik memilih tempat-tempat Strategis yang memudahkan orang untuk datang,
4. Persiapan prosedur kerja.
Persiapkan prosedur kerja yang tetap, artinya tidak ada konsumen yang harus meminta kembali bahan yang akan di jahitnya karena kita tidak tepat dengan janji atau bahkan lupa. Prosedur kerja yang baik membuat konsumen dapat terpenuhi atas kebutuhannya.
5. Pasang label.
Pasanglah label, merk pada pakaian yang di buat, plastik dan sarana promosi lain untuk memperkuat brand image Usaha tailor kita.

BEBERAPA HAMBATAN BISNIS USAHA JAHITAN / TAILOR
Beberapa hambatan dalam Usaha jahit / tailor meliputi :
1. Ketepatan model, corak dan bentuk sesuai dengan keinginan pelanggan, karena kurang pengalaman seringkali harapan konsumen tidak terwujud sehingga mereka kecewa atas hasil yang diterima, apalagi ternyata bahan yang digunakan merupakan bahan mahal yang tidak mungkin di kembalikan lagi seperti semula.
2. Ketepatan waktu, dalam sektor jasa peran waktu memegang peranan penting, ibarat janji merupakan pemancing yang teramat dasyat, ketika konsumen di janjikan pada hari tertentu, sebaiknya konsumen mendapatkan barang Jahitannya tepat sesuai janji, akan lebih baik jika sehari sebelumnya. Agar konsumen dapat mencoba terlebih dahulu dan dapat memperbaiki jika ada yang rasa kurang.

STRATEGI MEMENANGKAN BISNIS USAHA JAHITAN / TAILOR.
1. Asah terus keterampilan soal mejahit, dari mulai pola, Jahitan hingga finishing.
2. Gunakan bahan-bahan berkualitas dari mulai bahan, benang, kancing dan aksesorisnya.
3. Selalu gunakan catatan model, ukuran , warna dan lain-lain untuk menghindari komplain pelanggan atas ketidak cocokan pada saat mengambil hasil.
4. Berikan servis yang memuaskan, ramah, tepat waktu dan senantiasa sabar menghadapi macam-macam tingkah konsumen yang berbeda.
5. Kembangkan informasi tentang mode dan trends.
6. Gunakan alat-alat dan prasarana yang terbaik untuk menunjang kualitas dan akurasi hasil Jahitan.

Demikianlah Tips dan Strategi Membangun Usaha Jasa Jahitan Sukses, Semoga dapat menjadi referensi usaha bagi Anda. Salam Sukses.



Sumber : Facebook Kancing Baju Koki

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips dan Strategi Membangun Usaha Jasa Jahitan Sukses"

  1. Thanks for sharing.. Untuk mengetahui teknik apa saja yang dapat diterapkan dalam proses pembuatan busana anda bisa mendownload e-book menjahit dari Fitinline..

    ReplyDelete