7 Tips Sukses Berbisnis Buku



7 Tips Sukses Berbisnis Buku
7 Tips Sukses Berbisnis Buku - Membaca merupakan salah satu kebiasaan atau Hobby yang sangat signifikan dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Bahkan keberhasilan beberapa Negara yang telah maju tidak terlepas atas tingginya minat baca masyarakatnya. Itulah salah satu alas an mengapa penjualan buku dinegara maju begitu dinamis. Dan menjadi lading yang subur sebagai salah satu peluang bisnis.
Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Di Indonesia sendiri akhir-akhir ini terjadi peningkatan minat baca dan daya beli masyarakat terhadap buku.
So, walupun meningkatnya bahan dasar produksi dan krisis global terjadi, berbisnis buku tidak akan kehilangan pelanggan. Hal ini justru akan menjadi peralihan bagi masyarakat untuk membaca buku sebagai penenang. Bukankah berbisnis buku menjadi peluang yang bagus?
Selain buku-buku baru, banyak juga orang yang mau membeli buku bekas sebagai bahan referensi belajar, atau bacaan yang selama ini dicari. Demikian juga dengan saya, saya memiliki banyak koleksi buku-buku bekas yang saya dapat dari pameran atau bazaar buku. Saya tidak perdui buku itu baru atau lama, tetapi saya menginginkan Ilmu yang tertuang pada buku-buku itu, terutama karena penulisnya adalah orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya.
Jika Anda masih belum memiliki inspirasi untuk memulai usaha ini, saya akan memberikan 7 Tips Sukses Berbisnis Buku untuk Anda.

Berikut saya paparkan 7 Tips Sukses Berbisnis Buku, semoga dapat menjadi referensi bagi Anda untuk memulai berbisnis Buku. 

      1.       Tetapkan diri Anda untuk menjual Buku Bekas, Buku Baru, atau Keduanya.
    2.       Anda perlu mencari informasi terlebih dahulu dimana Anda dapat mendapatkan buku-buku tersebut dengan harga yang miring. Anda dapat mengambil buku dari distributor besar atau bahkan dari penerbit langsung. Namun saran saya Anda sebaiknya mengambil buku dari Distributor Besar langsung, karena jika melalui penerbit, akan ada kesulitan yang Anda hadapi, Apalagi Anda baru dalam bidang usaha ini. Karena biasanya penerbit akan memberlakukan pembelian kontan dan dalam jumlah yang banya. Tentunya akan sangat memberatkan Anda di budgeting. Sehingga sebaiknya langsung ke Distributor yang lebih fleksibel terhadap Anda “pemain baru”. Selain itu Anda juga dapat menemukan banyak buku yang lebih variatif untuk Anda jual.
    3.       Tentunya Lokasi yang tepat menjadi bagian yang penting. Anda bisa mulai membayangkan dimana kira-kira lokasi yang strategis untuk menjual buku-buku diwilayah Anda. Misalnya dilingkungan Universitas, Bazar, dekat sekolah-sekolah, yang kiranya banyak peminat buku. Anda tentunya telah mengerti bagian ini.
     4.       Anda harus membuat daftar buku-buku yang akan Anda beli dan laku dipasaran. Anda dapat mencari informasi ini melalui berkunjung ke took-toko buku yang ada diwilayah Anda. Perhatikan apa buku apa yang memiliki banyak pembeli, atau Anda dapat bertanya kepada penjaga toko atau kasirnya. Tentunya pasti ada tren buku yang sedang hit dicari para pembaca.
     5.       Jangan lupa tentang penataan buku. Berusahalah memajang buku-buku Anda dengan rapi dan menarik penataannya.
6.       Perhatikan untuk tidak berjualan buku-buku Anda di lapangan atau area tempat orang-orang berolahraga, karena biasanya peminatnya kurang. Pengunjung biasanya hanya ingin berolahraga atau bersantai.
    7.       Selain menjual secara konvensional, Anda juga dapat menjual buku Anda secara On-Line, sehingga jangkauan pelanggan Anda menjadi lebih luas. Anda dapat memasarkannya melaui Sosial Media Facebook, Twitter, Google+, Blog, atau Website berbayar. Atau juga Anda dapat menggabungkan penjualan secara Off-Line (Konvensional) dan On-Line.

Demikianlah  7 Tips Sukses Berbisnis Buku yang dapat Anda coba. Semoga dapat menjadi referensi usaha bagi Anda untuk berwirausaha Buku. Salam Sukses.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Tips Sukses Berbisnis Buku"

Post a Comment