9 Tips Sukses Jualan Online Lewat Facebook



9 Tips Sukses Jualan Online Lewat Facebook
9 Tips Sukses Jualan Online Lewat Facebook - Jika anda ingin belajar bagaimana cara membuka bisnis online, maka beberapa tips dibawah ini diharapkan dapat bermanfaat :

9 Tips Sukses Jualan Online Lewat Facebook  - Sebelumnya anda harus menentukan dulu apa jenis bisnis online yang ingin anda geluti. Ada banyak sekali peluang bisnis online yang bisa anda pilih, yang penting adalah konsisten. Untuk memulai bisnis online maka anda harus memulai dengan menentukan jenis bisnis online apa yang cocok bagia anda agar anda lebih fokus dan enjoy dalam menjalankannya. Bisnis online anda tidak hanya asal mengikuti yang sudah ada tetapi harus benar-benar yang sesuai dengan apa yang menjadi ide dan minat anda.
(Sumber : http://belajarsatujam.blogspot.co.id/)


9 Tips Sukses Jualan Online Lewat Facebook - Perhatikan produk yang akan Anda pasarkan. Apakah itu berupa Produk Fisik (Produk yang dapat disentuh), atau Produk Digital (Produk berupa Ebook atau Software). Anda tidak perlu memiliki produk sendiri, tapi Anda dapat menjadi seorang  Dropshipper, Reseller, atau Affilate Marketer. Jika Anda telah menentukan produk Anda, ini saatnya Anda melakukan promosi. Untuk satu ini, saya akan membahas tentang Jualan Online Lewat Facebook. Berikut adalah  artikel bagus yang disajikan dengan bahasa yang santai untuk Anda dari seorang pelaku Jualan Online Lewat Facebook. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Ok berikut tools-tools yang harus dimiliki untuk menjalankan sebuah online shop.
9 Tips Sukses Jualan Online Lewat Facebook

  1. Komputer/Laptop
Kenapa? Yah kalau ga punya sementara bisa di warnet cuma akan sangat membengka biayanya. Disarankan sih pnya sendiri. Untuk online shop tidak dibutuhkan computer yang canggih .. kalau saat ini cukup cari yang Pentium 4 biasa aja cukup kok. Atau kalau ga standard minimum Pentium 4 dual core aja. Dengan 1 buah monitor saya rasa harganya sekitar 1-2jutaan sudah dapat saat ini.

             2.      Modem+internet
 Kalau yang ol shop nya dirumah seperti saya bisa menggunakan Modem Aha/Smart/Speedy, cari aja yang agak murah meriah dan cepet..
Seperti AHA ada yang paket 500rb modemnya, dan bulanannya hanya 100rb, ada juga alternative yg lainnya

             3.      Blackberry
Penting ga si? Banyak yang nanya pentingya Bb untuk berjualan.,. menurut saya penting.. kenapa? Karena dengan menggunakan BB akan memudahkan kita untuk berjualan, pertama fitur sms nya yang bisa melacak sms sebelum2nya… kemudian fasilitas BBM yang bisa memudahkan komunikasi dengan reseler/customer, dan yang paling penting fasilitas emailnya di on kan(sekitar 60-125rb tergantung provider) tapi kalau kita punya album uda rapi dan sudah jelas jadi kita ga perlu didepan kompie lagi. Cukup pake BB J, dan bagusnya di BB juga kita bisa bikin grup jualan jadi orang2 yg punya bb bisa langsung liat dan beli barang kita via BB

            4.      Program Excell dan sejenisnya
 Untuk data penjualan, akan lebih baik kalau kita punya format sederhana seperti
Kode transaksi - Tgl transaksi – nama cust- alamat – no hp – barang yang dibeli – harga barang- ongkir – total barang – jumlah yang uda dibayarkan- no resi dari pengiriman paket tersebut.

Kode transaksi berguna untuk tau kapan kita transaksi nya dan siapa
Contoh saya buat kodenya : f01-2211-2011 (artinya f kode sales, 01 penjualan ke berapa di hari itu oleh si sales, 2211 – tgl transaksi, 2011 tahun transaksinya)

So mempermudahkan kalau nanti kita punya karyawan banyak jadi tau siapa aja nih yg aktif jualan ^^
Dan juga untuk program stok barang.. kalau barang kita dropship atau minta org kirimin sih mungkin blm perlu tapi kalau uda stok (yang dimana kita semua harus kearah sini nantinya ) tentunya kita butuh satu laporan ttg stok barang kita.

            5.      Program networking
seperti dropbox ( dimana bisa sincronize / menyamakan antara data kita di computer dengan computer lain, bb , ipad, android , mac ) dll…
jadi jika saya mengubah data saya di computer A maka secara otomatis data di computer B akan berubah juga.. jadi kalau ada 2 orang yg berbeda yang menggunakan data yang sama hal ini akan sangat membantu. Terutama buat cek stok barang dari supplier ini juga penting J jadi bisa dapatkan data update secara realtime… dan bagusnya adalah ketika ada yg update.. secara otomatis kalau internet kita konek maka computer/bb/laptop kita itu akan otomatis juga update datanya

           6.      Peralatan membungkus
Tentunya anda butuh peralatan seprti gunting , plastik kresek,Koran,dus , kertas label dll.. untuk membungkus,. Nah saya menyarakan agar rekan2 bangun image nya terlebih dahulu.. contoh kalau mau diimagenya bagus.. missal kirim dengan kertas kado.. yah mahal dikit tapi org akan liat servis nya bagus.. bungkusnya rapi itu pengaruh..

            7.      Latihan menjadi Customer services yang RAMAH, SOPAN,SABAR dan berintegritas( apa yg lo ngomong lo lakukan , tidak ngobar janji)
Kenapa ? kita hidup didunia manusia yang social dimana kalau mereka suka dengan sesauatu mereka akan promosikan ke yang lain begitupula kalau mereka ga suka dengan sendirinya tanpa kita butuhkan mereka akan PROMOSIKAN Kejelekan kita ke orang lain juga.. so Customer are king… be nice to them, tapi kalau ada yg kelewatan yah dioper aja minta beli ama org lain ^^.

           8.      Rekening mandiri/bca
Lebih baik kalau bisa klikbca/klikmandiri/ mbanking..agar memudahkan ketika nanti kita mencek pembayaran dari orang lain.

           9.      Mindset dan mental yang benar ketika berjualan 
Banyak saya temukan banyak orang yg gagal di online shop bukan karena mereka ditakdirkan untuk gagal tapi karena mental mereka yang kalah perang ataupun mindset mereka yang membuat mereka tidak mau bertindak keluar dari zona nyaman mereka..Banyak yang bilang yah online shop buat sampingan aja lah mana mungkin sih bisa berhasil… eits siapa bilang? Banyak loh orang yang hanya urusin online shop dan penghasilan mereka diatas 5 juta per bulan ( diatas S1 loh… selevel manager, yang diatas itu ada lagi ga? Ada ! dan banyak cuma tidak ketahuan aja, saya salah 1 nya :P)
Sebagai info aja : pengguna facebook di Indonesia sebesar 40 juta orang.. anggap lah potong kakek2 , nenek2 anak kecil dan lain2… misal hanya 10% aja yang sanggup beli.. berarti sekitar 4 juta orang yang potensial membeli product kita.. pertanyaan saya apakah saat ini friends kita uda 4 juta? Uda berapa? 1rb? 2rb? Anggaplah 2rb.. artinya masi ada 3998000 potensial customer yang kita belum menemukan… dikit? BANYAK Kali…. Itu angka yang cukup buat beberapa tahun kedepan..
Anggap lah yang jual barang seperti kita uda 100 orang.. ok kita bagi aja
3,998,000 dibagi 100 masi ada 39980 calon potensial customer…
dan parahnya kita lupa dari 2000 customer kita pertanyaanya apakah hari ini lo ada kirim paket sebanyak 2000? Kayanya blom sampe kan? Hehe jadi dari 2000 itu aja sebenrnya masi banyak potensial customernya…
jadi intinya kesimpulannya: MARKETNYA masih luas banget GAN! Terlalu “picik” menurut saya kalau kita bilang di fb uda ga bisa jualan… terlalu banyak yang jualan… itu cuma kata2 dari mereka yang berpikiran sempit.. karena faktanya masih banyak .. so ayu ubah mindset mu!

Lalu masalah mental… masa baru jalanin ol shop dari 0 trus kita liat ga laku2 selama 2 minggu.. kita nyerah… hei usaha apa aja yg uda kamu lakukan? Kalau cuma 2 minggu kamu nunggu bola? Yah pasti ga laku lah… kejar donk bola nya.. cari market pasar yang cocok…
Istilah katanya gini jangan jualan ke bapak2 mainan anak2… yah ga laku.. jangan juga jualan pistol2an ke ibu2… yah ga laku juga.. jangan jualan piso ke anak kecil… yah buat apa….. marketnya ga masuk bung… hari2 ini banyak dari ol shop owner tuh lupa.. maen add as friend ke semua org.. bagus ga? Bagus sih tapi akan lebih baik kalau kita add orang2 yang bener2 potensial dan sesuai dengan market pasar kita.
Example : kalau jualan lingerie.. yg dijadiin temen uda pasti cari yang ibu2 muda.. keluarga muda..jgn yg dibawah 17 tahun… percuma deh ga bakal dibeli.. yang ada bikin mereka mikir yang kaga2 lagi. .. ngerti kan ya? Hehe maaf ni diambil contoh yang extrim biar jelas J

So kurang lebih begitu persiapannya… jadi sekarang uda siap blom jualan online?
 (Sumber : https://web.facebook.com/notes/flast-shop/cara-berjualan-di-online-shop-for-beginner/269636976411474)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9 Tips Sukses Jualan Online Lewat Facebook"

Post a Comment