7 Peluang Usaha Menguntungkan untuk Mahasiswa dan Pelajar

7 Peluang Usaha Menguntungkan untuk Mahasiswa dan Pelajar

7 Peluang Usaha Menguntungkan untuk Mahasiswa dan Pelajar - Bagi Mahasiswa atau Pelajar, kebutuhan financial menjadi hal penting untuk berbagai keperluan. Seperti untuk kebutuhan pendidikan, kebutuhan jajan, penampilan, atau membayar sewa kontrakan. Namun yang terberat adalah ketika tanggal tua datang, sehingga keuangan menipis, apalagi jika tidak pandai menabung, maka keadaan akan semakin rumit. Daripada terus-terusan harus menunggu kiriman dari orangtua, mengapa tidak memulai untuk Berwirausaha? Selain dapat meringankan tanggungan orangtua, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan hidupmu secara mandiri dari hasil kerja kerasmu. Mungkin pertanyaan yang sering muncul adalah, “Mau usaha apa? Gimana cara memulainya? Terus resikonya giman?”.  Kamu bisa memulai dengan
membuat list jenis-jenis usaha yang telah dijalankan orang lain atau mungkin teman-temanmu. Ada banyak sekali ide usaha yang bisa kamu pertimbangkan. Perhatikan waktu kuliah atau sekolahmu, atur waktunya dengan sangat teratur, dan bandingkan dengan usaha yang akan kamu pilih. Sejatinya jika ingin menjadi seorang pengusaha, modal yang sangat utama adalah Mental Juang. Dengan mental juang yang baik, segala jenis resiko dalam usaha akan dilihat sebagai tantangan yang harus dimenangkan, bukan melihatnya sebagai halangan.
Oke, berikut 7 Peluang Usaha Menguntungkan untuk Mahasiswa dan Pelajar. Semoga bermanfaat.

      1.    Usaha Berjualan Pulsa Elektrik
Modal bisnis sangat minim, Biasanya bisnis ini banyak dipilih sebagian besar mahasiswa. Selain simpel dan mudah untuk dilakukan, bisnis ini mendatangkan keuntungan yang lumayan jika anda dapat mengelolanya dengan baik. Untung dalam sekali penjualan pulsa berkisar antara 500 sampai 1500 rupiah. Jadi misalnya saja 10 orang teman anda membeli pulsa pada anda, tinggal dikalikan saja dengan untungnya yang hasilnya adalah 5000-10.000 rupiah. Nah, jika anda pandai mengelolanya secara konsisten dan jangka panjang, dijamin keuntungannya dapat berkali lipat.
(Sumber : http://pustakadonwload.blogspot.com/2015/02/20-ide-usaha-untuk-mahasiswa-dan-pelajar.html)

      2.    Usaha Marketing Nasi Kotak
Makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia. Tidak diragukan lagi usaha makanan adalah usaha yang tidak ada matinya. Ada banyak ide usaha makanan yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Namun jika tidak memiliki modal untuk membuka usaha dibidang ini, kenapa tidak mecoba menjadi tenaga marketing (pemasaran)? Salah satunya adalah marketing nasi kotak untuk berbagai acara. Kamu hanya perlu melakukan negosiasi dengan para pelaku usaha nasi kotak disekitarmu, kemudian tawarkan untuk menjadi tenaga marketingnya dengan system komisi 10% (atau tergantung kesepakatan) per kotak. Karena berdasarkan pengalaman, banyak pengusaha nasi kotak yang terkendala di pemasaran produk. Apalagi sebagai mahasiswa biasanya akan banyak sekali acara yang membutuhkan konsumsi berupa nasi kotak. Jika dalam satu acara membutuhkan 200 kotak, dengan harga Rp10.000,-/kotak, maka keuntungan yang diperoleh 200xRp10.000,- = Rp 2000.000,- x 10% = Rp 200.000,-. Bayangkan jika dalam satu hari ada 2 sampai 3 acara, kamu bisa hitung sendiri berapa komisi yang didapat. Apakah usaha ini cocok untuk kamu?

      3.    Usaha Makanan Ringan
Makanan ringan selalu memiliki penggemar yang banyak. Mulai dari anak-anak sampai yang tua. Ini adalah usaha yang potensial bagi mahasiswa dan pelajar. Kamu dapat mencari informasi grosiran makan ringan melalui internet, lalu jadilah resselernya atau bahkan distributornya. Pasarkan produk melalui media social, sehingga jangkauan pelanggan lebih luas.

      4.    Usaha Les Privat
Salah satu jenis peluang usaha bagi mahasiswa yang paling banyak diminati adalah mengajar les privat. Mahasiswa yang mengambil kuliah di berbagai bidang terutama matematika, fisika, kimia memiliki peluang besar dalam menjalani bisnis ini. Keunggulan bisnis jasa les privat adalah hampir tanpa modal. Seorang mahasiswa hanya perlu berbagi ilmu yang didapat di bangku kuliah, mengeluarkan sedikit tenaga dan waktu serta mengalokasikan biaya transportasi yang minim. Selain menambah pemasukan dan memupuk kemandirian di usia muda, mengajar les privat memiliki nilai lebih untuk mahasiswa itu sendiri. Dengan mengajar maka mahasiswa terdorong untuk semakin expert dalam bidangnya. Berbagai masalah pelajaran yang dihadapi anak privat bisa menambah kreativitas sehingga bila nanti setelah tamat mahasiswa tidak canggung lagi terjun dalam dunia mengajar. Jasa les privat yang dijalani bisa menjadi salah satu pengalaman berharga untuk masa depan setelah wisuda.  
(Sumber : http://www.teruskan.com/40126/tips-jitu-bisnis-jasa-les-privat-bagi-mahasiswa.html)

      5.    Usaha Online Shop
Bisnis online shop di Indonesia pun banyak macamnya baik dari segi pemasaran dan tipe penjual serta produk yang dijajakan . Dari segi pemasaran umumnya online shop di Indonesia menggunakan sosial media seperti facebook ,twitter , instagram untuk menjual barang ; ada juga yang membuat toko online seperti lucumurah.com sehingga trafik pembeli berasal dari orang-orang yang membutuhkan akan produk . Tipe penjual bisa dibedakan tipe penjual utama yang menjadikan usahanya sebagai mata pencaharian utama dan penjual dadakan yang menjadikan bisnis sampingan , perbedaan kentara pada penjual utama dengan dadakan ialah saat membalas sms atau bbm , penjual utama lebih cepat merespon sedangkan penjual dadakan lebih lambat karena mereka umumnya berstatus pekerja. Sedangkan untuk produk yang dijajakan beragam baik dari segi harga atau ukuran , harga mulai dari 500 rupiah sampai puluhan juta rupiah , ukuran dari sekecil baut sampai sepeda pun ada . Kira-kira produk online shop apa saja yang menjanjikan ? tentunya produk yang beragam tersebut harus dipilah – pilah karena tidak semua produk tersebut cocok dijual oleh kamu .
(Sumber : http://onlinerumahan.blogspot.com/2014/11/5-bisnis-online-shop-yang-menjanjikan.html)

     6.    Usaha Kerjasama
Kerjasma usaha banyak digeluti untuk menyiasati keterbatasan dana. Bagi Mahasiswa atau pelajar, dapat membuat proposal usaha yang baik lengkap dengan Break Even Point (BEP), dan Return On Investment (ROI). Kemudian tawarkan proposal usaha tersebut kepada teman-teman yang potensial, orang tua, kenalan, pengusaha yang telah sukses, atau bahkan dosen sekalipun. Lakukan presentasi tentang usaha  termasuk kendala-kendala dalam usaha. Kamu dapat mencari informasi tentang bagaimana system usaha ini melalui buku-buku atau internet. Mengingat cara ini memiliki resiko yang tinggi, perhatikan dengan baik bahwa kamu harus benar-benar telah mendalami ilmunya dari membaca dan penglaman orang lain yang pernah melakukannya. Sehingga saat action, semuanya telah siap luar dalam.

7.    Usaha Pengetikan
Bagi kamu yang memiliki keterampilah dalam mengetik cepat maka ini adalah moment yang pas untuk kamu coba. Mungkin sebagian mahasiswa yang kreatif mereka lebih dahulu membuka jasa pengetikan ini. Cobalah untuk membuka jasa pengetikan, mungkin dengan promosi melalui teman atau memasang poster di papan pengumuman dan bisa juga melalui sosial media.Nah, bagi kamu yang memiliki Printer, mungkin kamu bisa mencoba usah ini saya piki sangat menguntungkan dan cuma bermodalkan Printer, Tinta dan Kertas serta Steples. Bayangkan Jika 1 lembar saja dihargai Rp.500 atau bahkan biasanya Rp.700 sampai Rp.1000 udah berapa untung yang bisa kamu dapat.
(Sumber : http://www.bisnisborneo.com/2015/01/bisnis-sampingan-mahasiswa-jasa.html)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Peluang Usaha Menguntungkan untuk Mahasiswa dan Pelajar "

Post a Comment